Humas BNPP Ikut Berpartisipasi dalam Anugerah Media Humas Tahun 2021

BALI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021. Untuk pertama kalinya Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengikuti acara ini.

Delegasi BNPP diwakili Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Humas; Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan beserta Staf Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi hadir secara langsung pada acara AMH kali ini yang digelar di Pulau Dewata Bali, Kamis (4/11/2021). 

Ajang penghargaan humas paling bergengsi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena humas-humas terbaik tanah air diberi penghargaan dalam melakukan komunikasi publik penanganan pandemi COVID-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan tahun ini humas pemerintah telah bekerja keras melaksanakan komunikasi publiK mulai dari penanganan pandemi COVID-19 hingga pemulihan ekonomi nasional.

"Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada insan humas pemerintah baik dari kementerian dan Lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, hingga perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia selama perjalanan kita menangani pandemi ini," ujar Menkominfo. 

Menkominfo menjelaskan, di awal masa pandemi Covid-19 humas pemerintah berhasil menggaungkan pentingnya disiplin protokol Kesehatan. Kemudian disusul kampanye program vaksinasi lalu memantik program pemulihan ekonomi dan pemulihan aktivitas masyarakat secara umum dengan tetap disiplin protokol Kesehatan. Humas pemerintah juga berhasil menerapkan narasi optimisme kebangkitan ekonomi nasional pasca terpuruk akibat Covid-19.  Komunikasi publik dan humas pemerintah, lanjutnya adalah instrumen menyampaikan informasi faktual kebijakan pemerintah serta program-program pemerintah dengan menyajikan data yang substansial. 

Senada dengan Menkominfo, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong memaparkan pentingnya peran humas melakukan edukasi dan literasi digital bagi masyarakat luas. Literasi digital sangat penting disampaikan kepada masyarakat luas di era digital culture yang menjadi keniscayaan di masa ini. Kultur digital di Indonesia menurut Usman harus diiringi dengan kearifan lokal Indonesia yang mengedepankan attitude, bersopan santun di media sosial.

"Humas tidak hanya mengajak masyarakat untuk punya kecakapan digital, tetapi juga kita harus punya yang kita sebut digital culture ,budaya berdigital yang baik sesuai budaya Indonesia, Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, kearifan lokal," ujar Usman. 

Tercatat sebanyak 199 peserta yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri mengikuti AMH 2021 dengan Tim Juri para profesional bidang kehumasan yaitu Alfito Deannova (Pimred Detik.Com), Metta Dharmasaputra (Co Founder dan CEO katadata), Wicaksono "ndoro kakung" (praktisi media sosial), dan Emilia Bassar (Founder dan CEO CPROCOM). 

Sementara Kepala Biro KUH BNPP, Indra Purnama, menyampaikan bahwa Humas BNPP akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan publik agar di tahun depan dapat menorehkan prestasi.

"Tahun ini untuk pertama kalinya, BNPP mengikuti kegiatan Anugerah Media Humas. Kali ini memang masih kurang beruntung, tahun depan mudah-mudahanan Humas BNPP bisa lebih berprestasi di ajang AMH selanjutnya," kata Indra Purnama.

(Humas BNPP)